KUNJUNGAN KABID PENDIS KANTOR WILAYAH  KEMENTERIAN AGAMA 

      NUSA TENGGARA TIMUR

MAN Sumba Barat (wkb ) – Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Prov. NTT, Drs. Pua Monto Umbu Nay, memaparkan langkah-langkah strategis yang akan diambilnya dalam menata dan mengatur seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Islam di Prov. NTT. Pemaparan langkah-langkah strategis ini disampaikannya di hadapan Guru-guru Madrasah MA, MTs, dan MI  Kabupaten Sumba Barat dalam kunjungannya 3 Madrasah di Sumba Barat dalam  aula MAN Sumba Barat, Kamis, (02/09/2020).

3 langkah strategis yang ditawarkan oleh Kabid  adalah menata hati, akhlakul karimah, dan pengamalan akan Islam yang damai dan ramah. Terkait dengan penataan hati, pria berdarah Sumba ini, mengatakan bahwa segala sesuatu baik pekerjaan maupun keputusan harus dimulai dengan niat. Hal ini dikatakannya karena dengan niat dapat membuahkan amal-amal bagi individu itu sendiri.

“Segala aktivitas yang dimulai dengan niat untuk ibadah akan berbuah pahala. Hal ini harus ditanamkan dalam diri para peserta didik agar pembentukan karakter para peserta didik dimulai dari niat. Semua guru Pendidikan Agama Islam harus bisa menyampaikan kepada muridnya bahwa aktivitas yang mereka lakukan adalah ibadah, contoh ,” papar Ust. Pua Monto.

Kemudian tentang menjunjung tinggi akhlakul karimah, ia berpesan kepada para guru-guru Madrasah di Sumba Barat  untuk melatih diri menjadi teladan bagi peserta didik, keluarga, dan masyarakat sekitar. Selain itu, akhlak anak-anak didik pun harus dilatih karena akhlak itu untuk melakukan semua hal yang baik dan benar.

Selanjutnya, Ustad Pua Monto pun menekankan agar para guru-guru madrasah dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam mengawal Islam. Pengawalan ini dimaksudkan agar Islam yang damai dan rahmat dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Sumba Barat.

“Tunjukkanlah bahwa agama Islam adalah agama yang memiliki rahmat, yang dapat menjadi modal bekal hidup bagi generasi penerus bangsa yang kuat dan berahmat,”

           

LEAVE A REPLY